Khataman Akbar : Mengikat Qur’an dengan Hati, Meraih Kemuliaan di Bulan Suci

0
110

Ahad 10 Mei 2020 / 17 Ramadahan 1441 H, Yayasan Salman mengadakan acara khataman akbar yang diikuti seluru guru dan karyawan serta wali  murid Sekolah Salman Al Farisi  Yogyakarta. Pada kesempatan ini tema yang diambil adalah ” Mengikat Al Qur’an dengan Hati, Meraih Kemuliaan di Bulan Suci ” .

Sekolah Salman Al Farisi sebagai Sekolah Islam bertujuan agar Al Qur’an setiap saat ada di dalam dada siswa-siswanya. Peran Orang tua sangat dibutuhkan, maka harus ada kerjasama antara orang tua dan sekolah agar tujuan tersebut dapat terwujud.  Untuk itu kita harus senantiasa membumikan Al Qur’an dalam hati dan diri anak didik kita agar mempunyai akhlak seperti akhlak dalam dalam Al Qur’an itu sendiri. Pada kesempatan ini tausiyah dan doa disampaikan oleh Al Ustadz Syatori Abdurrauf, Al Hafiz.

Bila hati sudah terikat dengan Al Qur’an maka kita akan mencintai Al Qur’an. Tiada Kebaikan, Kebenaran dan Kemulian kecuali bersama Al Qur’an. Caranya dengan menjadikan Al Qur’an ada  dalam hati kita dan menjadikan hati kita ada dalam Al Qur’an. Orang yang sudah menjadikan Al Qur’an sebagai napas hidup maka kelak Allah akan mematikan dia dalam keadaan sedang bersama Al Qur’an.

Tanda Al Qur’an sudah di hati dan di hati ada Al Quran adalah akan timbul cinta pada Al Qur’an. caranya dengan :

  1. Bagaiman Al Qur’an tersimpan di hati ; dengan membuka pintu hati agar menjadi terbuka untuk dapat dimasuki oleh Al Quran, menjadikan akhirat sebagai orientasi hidup dan kehidupan kita, memandang biasa terhadap urusan dunia dan merasakan luar biasa terhadap semua urusan akhirat, menjadikan akhirat sebagai pertimbangan utama seluruh keputusan serta menjadikan akhirat sebagai kecintaan dan kerinduan hidup.
  2. Membersihkan Hati dari segala yang tidak disukai Al Qur’an, seperi penyakit hati, iri, dengki, berburuk sangka, dosa dan maksiat serta kesia -sian (apa yang tidak ada manfaatnya).
  3. Menghiasi hati dengan segala yang bernilai akhirat, seperti sabar, tabah, pasrah, syukur, tawakal, warak, rahma, tawaduk, ridha, dll

Semoga kita semua menjadi keluarga ahli Qur’an yang akan mendapatkan tempat khusus di hati Allah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here