Perkemahan Ukhuwah Sabtu-Ahad ; Melatih kemandirian dan kedisiplinan dalam mantadaburi alam.

0
245

 

Kegiatan Kemah Pramuka ( Perkemahan Ukhuwah Sabtu Ahad ) merupakan sala satu kegiatan rutin yang dilaksanakan di SD IT Salman Al Fariasi 2. Pada tahun inikegiatan diikuti oleh oleh kelas 4 dan 5. Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan kemandirian dan membangun sikap sesuai dengan Dwi darma, Dwi Satya, Tri Satya dan Dasa Dharma.
Dalam rangka menumbuhkan kemandirian dan rasa solidaritas antar peserta, maka melalui Kemah Pramuka ini diadakan serangkaian kegiatan untuk menumbuhkan kekompakan dan semangat anggota Pramuka dan menjadi insan yang bertaqwa kepada Allah S.W.T. Tema yang diambil untuk tahun ini adalah Melatih kemandirian dan kedisiplinan dalam mantadaburi alam.
Kegiatan kemah Persahad (Perkemahan Sabtu Ahad) SDIT Salman Al Farisi 2 yang diadakan pada tanggal 18 sampai 19 Januari 2020 di bumi perkemahan Pentingsari Wukirsari Cangkringan Sleman.

Kemah Persahad diikuti oleh Pramuka Siaga kelas 4 dan Penggalang kelas 5. Kegiatan diawali apel pemberangkatan yang diikuti oleh seluruh peserta kemah. setelah apel anak-anak berangkat ke lokasi menggunakan bis yang sudah disediakan.

Setelah sampai lokasi bumi perkemahan peserta kemah kemudian bekerjasama mempersiapkan segala kelengkapan dan mendirikan tenda di tempat yang telah ditentukan. Setelah tenda selesai didirikan kemudian Setiap regu merapikan barang-barang yang sudah dibawa setelah itu dilaksanakan upacara pembukaan kemah.
Setelah upacara pembukaan seluruh regu baik siaga maupun Penggalang mulai memasak dan persiapan ishoma. Kegiatan dilanjutkan dengan jelajah alam bagi Pramuka Penggalang dan game bagi Pramuka Siaga. Setelah kegiatan selesai seluruh regu dan barung bersiap-siap untuk bersih diri dan persiapan salat magrib.
Untuk kegiatan Malam Bagi Pramuka Penggalang untuk pramuka siaga dilaksanakan kegiatan AMT(Achievment Motivation Training) yang bertujuan untuk meningkatkan dan menggali potensi anak untuk yakin dengan kemampuannya, Sedangkan untuk pramuka penggalang dilaksanakan upacara api unggun yang yang dipimpin oleh kak Saikatu Asfiyah, S.T selaku kamabigus SDIT Salman Al Farisi 2. Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar.
Pada pukul 03.00 pagi seluruh peserta kemah melaksanakan salat qiyamul Lail dilanjutkan dengan salat subuh dan dzikir Al Matsurat untuk melatih anak bertanggung jawab sebagai mahluk Allah yang kelak menjadi khalifah di Bumi ini
Setelah itu Siaga dan Penggalang berbaris rapi untuk mengikuti kegiatan senam pagi.
Setelah senam selesai Pramuka Siaga mulai memasak untuk sarapan dan untuk pramuka siaga sudah disediakan sarapan. Agenda dilanjutkan dengan bersih diri dan persiapan upacara penutupan.
Upacara penutupan diikuti oleh pramuka siaga dan Pramuka Penggalang, pada upacara ini diberikan penghargaan bagi semua regu mulai dari regu terheboh, regu terkompak, regu teramah, regu tergiat, regu terdisiplin dan regu teraktif.
Saat upacara penutupan ini diadakan bakti sosial kepada masyarakat sebagai bentuk kepedulian Pramuka Gusdep SDIT Salman Al Farisi kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan.
Alhamdulillah banyak sekali ilmu yang peserta kemah dapatkan pada kegiatan kemah ini, semoga pramuka Siaga dan Penggalang semakin disiplin dan dapat mengamalkan dasa dharma Pramuka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here